Inilah, Kopel Komando Atau Kopel Rim Commando

Bagi anggota khususnya TNI ataupun Polri, pastilah sudah mengenal sabuk kopel. Beberapa jenis kopelrim memang menjadi salah satu perlengkapan seragam di tubuh TNI atapun Polri. Tidak hanya itu, beberapa kedinasan lain juga menggunakan kopel rim menjadi kelengkapan wajib yang harus di kenakan dengan seragam tertentu dan di hari-hari tertentu pula. Kopelrim comando di kenakan bersama dengan seragam PDL seperti sepatu PDL, kaos PDL dan beberapa kelengkapan seragam yang lainnya.

Bila mengacu pada laman kopelrim di Refreshop, maka kopel di artikan sebagai ikat pinggang besar yang dikenakan dengan mengaitkan kedua ujungnya dan terutama dipakai oleh tentara. Agar tidak mudah terlepas, kedua ujung sabuk kopel memiliki pengait yang bisa di kaitnkan satu ujung dengan ujung lainnya. Di lihat dari bentuknya, jenis dari kopelrim ini juga ada beberapa macam mulai dari model kopelrim yordan, kopelrim kulitkopelrim commando seperti yang akan di bahas lebih lengkap di sini, atau juga ada model perekat serta ada beberapa model jenis lainnya.

Kopelrim komando sekilas memang mirip kopel rim yordan atau jenis yang lainnya. Namun, ada beberapa ciri khas dari kopelrim commando ini salah satunya adalah kepalanya yang menggunakan bahan plastik atau besi yang kita mengenalnya sebagai buckle pada tas.  Orang awam menyebutnya dengan ceklock yang memang berfungsi sebagai pengunci (lock) antara ujung sabuk yang satu dengan ujung sabuk yang lainnya. Lebar buckle untuk kopel rim commando tersebut hampir sama dengan lebar webingnya yaitu 5.6 mm.

Untuk kopelrim yang terbuat dari plastik, kekuatan dari sabuk kopel ini juga tidak bisa di ragukan kekuatannya bila di bandingkan dengan kopel yordan yang terbuat dari besi, misalnya. Kopel comando dengan kepala plastik juga bisa awet dan tahan lama sebagaimana yang sudah di gunakan oleh anggota baik di TNI, Polri maupun di kedinasan lainnya.

Sedangkan untuk tali webing yang di gunakan, kopel komando juga ada yang menggunakan katun dan ada juga yang menggunakan bahan polyster.  Seiring perkembangan jaman, sekarang ini penggunaan nylon atau polyster terus menggeser penggunaan webing katun karena memiliki banyak kelebihan di antaranya yang tidak mudah basah atau menyerap air dan mudah kering. Untuk kekuatannya, webing nylon atau polyster juga sangat kuat sebagaimana webing dari bahan katun.

Sedangkan warna, ada beberapa jenis sabuk kopel komando ini di antaranya ada yang berwarna hitam, putih dan hijau. Kopelrim hijau memang sedang banyak permintaan di karenakan kegiatan bela negara yang seragamnya menggunakan kopelrim warna hijau sebagai sabuk PDL nya. Sedangkan untuk hitam memang biasa di gunakan sebagai kopelrim komando security, kopelrim TNI, kopelrim Polri, Satpol PP, Linmas dan beberapa lembaga dan kedinasan yang lainnya. Sedangkan untuk yang putih juga demikian tergantung peraturan yang mengatur penggunaan seragam di masing-masing instansi dan kesatuan. Kopelrim putih biasa di gunakan di TNI Angkatan Laut , misalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *